Home / Akidah Akhlaq / Rumah yang Tidak Berkah

Rumah yang Tidak Berkah

Rumah Yang Dibacakan al Qur`an.

قال عبد الله ابن مسعود رضي الله عنه: إن أصفر البيوت الذي أصفر من كتاب الله

Abdullah bin Mas’ud Radhiyallahu ‘anhu berkata: “Rumah yang paling sedikit berkahnya adalah yang paling sedikit dari kitabullah”. (Mushannaf Ibnu Abi Syaibah no.30024).

Syeikh Abdurrazaaq al Abaad hafizhahullahu Ta’ala menjelaskan pengertiannya adalah rumah yang paling sedikit kebaikan dan keberkahannya adalah rumah yang tidak pernah dibacakan di dalamnya al-Qur`an. Hal ini adalah penghapus keberkahan rumah dan penarik datangnya syeitan kerumah tersebut.

Hal ini sesuai dengan perkataan Abu Hurairoh hafizhahullahu :

إِنَّ الْبَيْتَ لَيَتَّسِعُ عَلَى أَهْلِهِ وَتَحْضُرُهُ الْمَلَائِكَةُ وَتَهْجُرُهُ الشَّيَاطِينُ ، وَيَكْثُرُ خَيْرُهُ أَنْ يُقْرَأَ فِيهِ الْقُرْآنُ ، وَإِنَّ الْبَيْتَ لَيَضِيقُ عَلَى أَهْلِهِ وَتَهْجُرُهُ الْمَلَائِكَةُ ، وَتَحْضُرُهُ الشَّيَاطِينُ ، وَيَقِلُّ خَيْرُهُ ، أَنْ لَا يُقْرَأَ فِيهِ الْقُرْآنُ

“Sesungguhnya rumah akan terasa luas bagi penghuninya dan dihadiri malaikat serta dijauhi para syaitan dan banyak kebaikannya bila dibacakan al Qur`an di dalamnya. Sesungguhnya rumah akan sempit bagi penghuninya, dijauhi malaikat dan dihadiri para syeitan serta sedikit kebaikannya bila tidak dibacakan al Qur`an di dalamnya”. (Riwayat ad Daarimi dalam sunannya no. 3241atau 3309 dengan sanad yang shahih).

Sumber : http://al-badr.net/muqolat/5118

Bagikan melalui link ini: http://klikuk.com/cfwvi

About klikUK.com

Check Also

harga mahal

Sikap Yang Benar Ketika Kebutuhan Pokok Menjadi Mahal

Harga Mahal Abu Hazim Salamah bin Dinaar rahimahullah pernah ditanya: “Wahai Abu Haazim..!! Tidakkah engkau ...