Home / Brankas / Rukun Dan Kewajiban Shalat

Rukun Dan Kewajiban Shalat

Letroy Guion Womens Jersey href=”http://klikuk.com/wp-content/uploads/2015/02/shalat-sutrah.jpg”>shalat-sutrahRukun-Rukun Shalat

 

  • Tidak sah shalat fardhu kecuali melaksanakan empat belas rukun, yaitu:
  1. Berdiri bagi yang mampu.
  2. Takbiratul ihram.
  3. Membaca surat Al-Fatihah dalam setiap rakaat kecuali ketika imam mengeraskan bacaan.
  4. Ruku’.
  5. I’tidal.
  6. Sujud atas tujuh anggota badan.
  7. Duduk antara dua sujud.
  8. Sujud kedua.
  9. Duduk untuk tahiyat akhir.
  10. Tahiyat akhir.
  11. Bershalawat kepada Nabi.
  12. Tumakninah (tenang dan diam sejenak).
  13. Berurutan antara semua rukun.
  14. Salam.
  • Apabila meninggalkan salah satu rukun di atas, maka shalatnya batal, apabila meninggalkan takbiratul ihram karena tidak tahu atau lupa, maka shalatnya juga tidak sah.
  • Apabila meninggalkan salah satu rukun di atas karena lupa atau tidak tahu, maka ia harus mengulangnya selama belum sampai pada rukun yang sama pada rakaat berikutnya, jika tidak mengulang dan telah sampai pada rakaat berikutnya maka rakaat kedua dianggap sebagai rakaat pertama, dan rakaat sebelumnya batal, seperti orang yang lupa ruku’ lalu sujud, maka wajib baginya kembali ketika ia ingat kecuali jika ia telah sampai pada ruku’ dalam rakaat kedua, maka rakaat kedua menggantikan rakaat yang ia tinggalkan dan ia wajib sujud sahwi Rashard Robinson Kids Jersey setelah salam.
  • Membaca surat Al-Fatihah adalah rukun dalam Mason Crosby Jersey setiap rakaat bagi imam maupun shalat sendirian. Jika tidak membacanya maka rakaatnya batal, adapun makmum, ia membacanya dengan pelan dalam setiap rakaat. Ketika imam membacanya dengan keras, maka makmum harus mendengarkan bacaan imam dan 12th Fan Jersey Sean Davis Womens Jersey boleh tidak membacanya.

 

Hal-hal yang Diwajibkan dalam Shalat

 

Hal-hal yang diwajibkan dalam shalat ada delapan yaitu:

  1. Semua takbir kecuali takbiratul ihram
  2. Mengagungkan Allah ketika ruku’
  3. Membaca (sami’allahu liman hamidah) bagi imam dan yang shalat sendirian.
  4. Membaca “rabbana lakal hamdu” (wahai Rabb kami hanya untuk Mu puji-pujian) bagi imam, makmum dan shalat sendirian.
  5. Doa ketika sujud
  6. Doa antara dua sujud
  7. Duduk untuk tahiyat awal.
  8. Membaca tahiyat Cliff Avril Womens Jersey awal

 

  • Apabila meningalkan Coty Sensabaugh Authentic Jersey salah satu kewajiban ini dengan sengaja maka shalatnya batal, jika meninggalkannya karena lupa setelah meninggalkan tempat shalatnya dan belum sampai ke rukun setelahnya, maka harus kembali dan melakukannya kemudian menyempurnakan shalatnya, lalu sujud sahwi, kemudian salam.

Apabila ingat setelah sampai ke rukun berikutnya, maka ia gugur Taco Charlton Authentic Jersey dan tidak perlu kembali lagi, akan tetapi sujud sahwi, kemudian salam.

  • Selain rukun-rukun dan wajib-wajib yang telah disebutkan tentang sifat shalat, maka hal itu merupakan sunnah, jika dikerjakan mendapat pahala, dan bila meninggalkannya, Maurkice Pouncey Womens Jersey ia tidak diberi sangsi, hal-hal tersebut adalah: sunnah-sunnah perkataan dan perbuatan.

Adapun sunnah perkataan adalah: seperti doa istiftah, ta’awwudz, membaca basmalah, mengucapkan amiin, membaca surat setelah fatihah, dsb.

Di antara sunnah-sunnah perbuatan adalah: mengangkat kedua tangan ketika takbir pada tempat-tempat tersebut di atas, Xavier Woods Jersey meletakkan tangan kanan di atas tangan kiri ketika berdiri, duduk iftirasy, tararruk dsb.

Bagikan melalui link ini: http://klikuk.com/hwCYk

About admin

Kholid bin Syamhudi bin Saman bin Sahal Al-Bantani, menimba ilmu di Universitas Islam Madinah Tahun 1994 dan lulus Tahun 1999 dari Fakultas Hadits. Kini banyak meluangkan waktunya dalam da’wah sunnah dan menterjemahkan kitab-kitab berbahasa arab ke dalam Bahasa Indonesia serta berperan serta dalam beberapa lembaga da’wah yang ada di tanah air.

Check Also

Islamic2_by_niazali 2

Ringkasan Fikih Islam : Kesempurnaan Agama Islam -2

Kesempurnaan Agama Islam (2) Ketika Allah Subhanahu Wata’ala menciptakan manusia, ditundukkan bagi manusia Tom Rathman ...