Home / Brankas / Ringkasan Fikih Islam : Bagian Waris Kakek dan Nenek

Ringkasan Fikih Islam : Bagian Waris Kakek dan Nenek

kakek-nenek1

Bagian Waris Kakek

Kakek yang berhak untuk mendapat waris adalah dia yang tidak terdapat diantara dirinya dengan mayit seorang wanita, seperti ayahnya ayah, besarnya apa yang dia dapat sama seperti ayah kecuali dalam permasalahan Umariatain (dua Umar), sesungguhnya Kam Chancellor Kids Jersey ibu dalam kedua permasalahan ini akan mendapatkan sepertiga harta walaupun ada kakek, sedangkan ketika bersama ayah, ibu akan menerima sepertiga dari sisa setelah diambil Jack Butler Youth Jersey oleh jatah suami atau istri, sebagaimana yang telah lalu.

1- Kakek akan mendapat Landry Jones Authentic Jersey waris seperenam secara fardhu dengan dua syarat: adanya keturunan mayit, tidak adanya ayah.

2- Kakek akan mewarisi sebagai ashobah jika Rod Woodson Jersey mayit tidak memiliki keturunan, tidak ada ayah.

3- Kakek akan mewarisi dengan T.J. Watt Youth Jersey fardhu dan ta’shib bersamaan ketika ada keturunan mayit yang wanita, seperti Dan Mccullers Womens Jersey putri dan putrinya putra (cucu).

 

Bagian Waris Nenek

– Nenek yang berhak untuk mendapat waris: David DeCastro Womens Jersey adalah Jesse James Youth Jersey ibunya ibu, ibunya ayah, ibunya kakek dan begitulah seterusnya dengan asal wanita, dua orang dari arah ayah dan satu dari arah ibu.

– Secara mutlak Cobi Hamilton Womens Jersey tidak ada jatah waris untuk seluruh Jeff Heath Authentic Jersey nenek jika ada ibu, sebagaimana pula tidak ada waris secara mutlak untuk kakek ketika ada ayah.

– Waris yang didapat oleh satu orang nenek ataupun lebih adalah seperenam (mutlak) dengan syarat tidak ada ibu.

 

Bagikan melalui link ini: http://klikuk.com/kavPw

About klikUK.com

Check Also

haji umroh ok

Hadits Lemah : Kewajiban Haji dan Umroh

عَنْ زَيْدِ بْنِ ثَابِتٍ رضي الله عنه, قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ: إِنَّ الْحَجَّ وَالْعُمْرَةَ فَرِيضَتَانِ، ...