Home / Akidah Akhlaq / Pilar-pilar Keberhasilan dalam Pendidikan Anak -9

Pilar-pilar Keberhasilan dalam Pendidikan Anak -9

 

Memilih teman yg baik

Teman Shalih

Menjaga anak-anak dalam pertemanannya termasuk pilar utama yang wajib diperhatikan dalam pendidikan anak. Hal itu karena teman adalah penarik yang mesti akan mempengaruhi dalam pertemanannya.

Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam telah memberi permisalan kepada yang menjelaskan pengaruh teman dalam kebaikan dan keburukan. Beliau bersabda:

مَثَلُ الْجَلِيسِ الصَّالِحِ وَالْجَلِيسِ السَّوْءِ كَحَامِلِ الْمِسْكِ، وَنَافِخِ الْكِيرِ، فَحَامِلُ الْمِسْكِ: إِمَّا أَنْ يُحْذِيَكَ، وَإِمَّا أَنْ تَبْتَاعَ مِنْهُ، وَإِمَّا أَنْ تَجِدَ مِنْهُ رِيحًا طَيِّبَةً، وَنَافِخُ الْكِيرِ: إِمَّا أَنْ يُحْرِقَ ثِيَابَكَ، وَإِمَّا أَنْ تَجِدَ رِيحًا خَبِيثَةًمَثَلُ الْجَلِيسِ الصَّالِحِ وَالْجَلِيسِ السَّوْءِ كَحَامِلِ الْمِسْكِ، وَنَافِخِ الْكِيرِ، فَحَامِلُ الْمِسْكِ: إِمَّا أَنْ يُحْذِيَكَ، وَإِمَّا أَنْ تَبْتَاعَ مِنْهُ، وَإِمَّا أَنْ تَجِدَ مِنْهُ رِيحًا طَيِّبَةً، وَنَافِخُ الْكِيرِ: إِمَّا أَنْ يُحْرِقَ ثِيَابَكَ، وَإِمَّا أَنْ تَجِدَ رِيحًا خَبِيثَةً

 “Perumpamaan teman shalih dengan teman jahat adalah seperti pembawa minyak dengan pandai besi. Pembawa minyak; kemungkinan dia akan memberimu minyak wangi atau engkau akan membeli darinya, ataupun engkau akan mendapat wangi darinya. Adapun pandai besi; kemungkinan ia akan membakar bajumu atau engkau akan mendapati darinya bau yang tidak sedap.”[1]

Nabi juga bersabda:

المرء على دين خليلو فلينظر أحدكم من يخالل

“Seseorang berada di atas agama teman dekatnya. Maka hendaknya setiap kalian melihat siapa yang menjadi teman dekatnya.”[2]

Oleh karena itu hendaknya orang tua memperhatikan teman-teman bergaul anak-anaknya di sekolah maupun di tempat lainnya dan menyambangi  mereka dalam rangka untuk itu.

Sungguh pada zaman ini telah berkembang jenis teman baru yang belum ada pada zaman dahulu. Teman baru tersebut tidak hanya sedikit dalam mempengaruhi pemiliknya daripada teman yang sebelumnya; teman baru tersebut adalah instalasi parabola, jaringan internet, media sosial seperti Handphone dan semisalnya. Handphone tersebut berada di tangan anak-anak dimana pun mereka berada, baik di rumah maupun ketika keluar rumah. Apabila handphone ini tidak di bawah pengawasan orang tua maka akan sangat membahayakan akal, agama, akhlak dan adab mereka. Betapa banyak remaja laki-laki dan wanita menjadi linglung akalnya dan menyeleweng disebabkan karena handphone tersebut. Alat tersebut menghantarkan anak-anak pada kemungkaran yang besar yang tidak mengetahui kadarnya kecuali hanya Allah saja.

Pilar-pilar Keberhasilan dalam Pendidikan Anak (9)

Syaikh Dr. Abdurrazaq bin Abdul Muhsin Al-Badr

(Sumber : Rakaiz Fii Tarbiyatil Abnaa’, karangan Dr. Abdurrazaq bin Abdul Muhsin Al-Badr dari https://d1.islamhouse.com/data/ar/ih_books/single_010/ar_rakaiz_fi_tarbiyatul_abnaa.pdf).

[1] Al-Bukhari meriwayatkannya dalam kitab Shahihnya nomor 5.534 dan Muslim dalam kitab Shahihnya nomor 2.628.

[2] Abu Dawud meriwayatkannya dalam kitab Sunannya nomor 4.833. lihat as-Silsilah ash-Shahihah 927.

Bagikan melalui link ini: http://klikuk.com/bnCd2

About klikUK.com

Check Also

green_apples_3-t2

PILAR-PILAR KEBERHASILAN DALAM PENDIDIKAN ANAK -7

  Lembut dan Sayang Termasuk pilar dalam pendidikan anak-anak adalah bersikap lemah lembut dan kasih ...