Home / Akidah Akhlaq / PILAR-PILAR KEBERHASILAN DALAM PENDIDIKAN ANAK -7

PILAR-PILAR KEBERHASILAN DALAM PENDIDIKAN ANAK -7

 

green_apples_3-t2

Lembut dan Sayang

Termasuk pilar dalam pendidikan anak-anak adalah bersikap lemah lembut dan kasih sayang dalam bergaul dengan mereka serta berhati-hati dan menjauhi sikap kasar, keras dan dingin. Hal itu karena sebagaimana dalam hadits:

الرفق لا يكون في شيء إلا زانه ولا نُزع من شيء إلا شانه

”Tidaklah lemah lembut ada pada sesuatu melainkan akan menghiasinya dan tidaklah hilang dari sesuatu melainkan akan merusaknya.”[1]

Kasih sayang dan lemah lembut kepada anak-anak ini harus diberikan sejak awal ketika mereka masih kecil dan masih muda dan terus berlanjut seiring pertumbuhan mereka karena dua sikap tersebut merupakan sebab kedekatan dan kecintaan anak-anak terhadap orang tua mereka. Dengan adanya kedekatan dan kecintaan ini akan mudah mengarahkan mereka kepada kebaikan dan memudahkan untuk menasehati mereka serta mudah bagi mereka untuk menerimanya.

Banyak nash dari sunnah Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam yang menjelaskan tentang pilar ini. Diantaranya adalah hadits dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam mencium al-Hasan bin Ali radhiyallahu ‘anhuma dan al-Aqra’ bin Habis radhiyallahu ‘anhu sedang berada di dekatnya. Lalu al-Aqra’ berkata: “Sungguh saya memiliki sepuluh anak yang tidak pernah aku mencium satupun dari mereka.” Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam memandang kepadanya dan berkata:

مَنْ لاَ يَرْحَمُ لاَ يُرْحَمُ

“Barangsiapa yang tidak menyayangi maka ia tidak disayangi.”[2]

Dari Ummul mukminin ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata: “Seorang Arab badui datang kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dan berkata: ‘Apakah kalian menciumi anak-anak? Adapun kami, tidak menciumi mereka’ Maka Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

أَوَ أَمْلِكُ لَكَ أَنْ نَزَعَ اللَّهُ مِنْ قَلْبِكَ الرَّحْمَةَ

“Apakah saya punya kuasa untuk (mengembalikan sifat sayang) kepadamu sekiranya Allah mencabut sifat kasih sayang dari dirimu.”[3]

Pilar-pilar Keberhasilan dalam Pendidikan Anak (7)

Syaikh Dr. Abdurrazaq bin Abdul Muhsin Al-Badr

(Sumber : Rakaiz Fii Tarbiyatil Abnaa’, karangan Dr. Abdurrazaq bin Abdul Muhsin Al-Badr dari https://d1.islamhouse.com/data/ar/ih_books/single_010/ar_rakaiz_fi_tarbiyatul_abnaa.pdf).

[1] Muslim meriwayatkannya dalam kitab Shahihnya nomor 2.594.

[2] Al-Bukhari meriwayatkannya dalam kitab Shahihnya nomor 5.997, demikian  Muslim dalam kitab Shahihnya nomor 2.594.

[3] Al-Bukhari meriwayatkannya dalam kitab Shahihnya nomor 5.998.

Bagikan melalui link ini: http://klikuk.com/HuT3A

About klikUK.com

Check Also

love_gift-t2

Pilar-Pilar Keberhasilan dalam Pendidikan Anak -8

  Nasehat dan Bimbingan Termasuk pilar utama keberhasilan dalam pendidikan anak yang lain adalah senantiasa ...