Home / Akidah Akhlaq / PILAR-PILAR KEBERHASILAN DALAM PENDIDIKAN ANAK – 5

PILAR-PILAR KEBERHASILAN DALAM PENDIDIKAN ANAK – 5

Memilih Nama yang Baik

Termasuk perkara yang membantu dalam pendidikan anak dengan baik adalah orang tua memilih nama yang baik untuk anak-anaknya yang dikaitkan dengan ketaatan kepada Allah seperti engkau memberinya nama: (Abdullah, Abdurrahman dan Shalih) dan nama-nama baik lainnya yang serupa dengan nama-nama tersebut yang engkau dapat mengingatkannya tentang keshalihan dan ibadah serta dengan hal-hal yang terpuji sebagaimana yang ditunjukkan pada nama yang baik tersebut.

Hal ini secara umum akan memberi pengaruh positif kepadanya, sebagaimana dikatakan: “Setiap orang akan mendapat bagian dari namanya”.
Terdapat hadits shahih dari Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam:

“Sesungguhnya nama kalian yang paling dicintai Allah adalah: Abdullah dan Abdurrahman.”

Di antara pekara yang sangat bagus dan tepat untuk dilaksanakan orang tua adalah menjelaskan kepada anaknya makna namanya dan bahwa namanya dicintai Allah. Misalnya apabila namanya adalah Abdullah, maka engkau berkata kepadanya: “Engkau adalah hamba bagi Allah yang telah menciptakan dan mengadakanmu, memberimu nikmat yang banyak yang semestinya engkau menjadi orang yang bersyukur dan taat kepada-Nya, dan kalimat lain yang serupa”.

Pilar-pilar Keberhasilan dalam Pendidikan Anak (5)
Syaikh Dr. Abdurrazaq bin Abdul Muhsin Al-Badr

(Sumber : Rakaiz Fii Tarbiyatil Abnaa’, karangan Dr. Abdurrazaq bin AbdulMuhsin Al-Badr dari https://d1.islamhouse.com/data/ar/ih_books/single_010/ar_rakaiz_fi_tarbiyatul_abnaa.pdf).

Bagikan melalui link ini: http://klikuk.com/luSUp

About klikUK.com

Check Also

aqidah 2

Ambillah Aqidahmu Yang Benar

Tidak disangsikan lagi, kesempurnaan agama ini adalah nikmat Allah yang paling besar bagi umat ini. ...