Home / Akidah Akhlaq / Pilar-pilar Keberhasilan dalam Pendidikan Anak -10

Pilar-pilar Keberhasilan dalam Pendidikan Anak -10

 

 Ucapan-Lemah-Lembut-pada-Orang-Tua

Teladan yang Baik

Di antara pilar agung dalam pendidikan anak adalah hendaknya orang tua menjadi teladan yang baik bagi anak-anaknya. Apabila dia memerintahkan kebaikan kepada mereka hendaknya ia yang paling bersegera melaksanakan kebaikan tersebut. Demikian pula apabila melarang mereka dari keburukan maka ia yang paling jauh meninggalkan perbuatan tersebut dibanding anak-anaknya. Jangan sampai ucapan lisannya berada pada suatu tempat sedangkan perbuatannya berada di tempat lain. Sehingga akan muncul perasaan adanya sesuatu yang bertentangan, kontradiksi, dan kebimbangan yang sangat pada diri anak-anak. Hal Itu menjadikan mereka meninggalkan nasehat dan pendidikan adab orang tua. Hendaknya kita snantiasa menghadirkan firman Allah yang mencela bani Israil:

أَتَأْمُرُونَ النَّاسَ بِالْبِرِّ وَتَنْسَوْنَ أَنْفُسَكُمْ وَأَنْتُمْ تَتْلُونَ الْكِتَابَ

“Mengapa kamu suruh orang lain (mengerjakan) kebaktian, sedang kamu melupakan diri (kewajiban) mu sendiri, padahal kamu membaca Al Kitab (Taurat)? Maka tidaklah kamu berpikir?”

Dan juga perkataan Nabiyullah Syu’aib kepada kaumnya:

وَمَا أُرِيدُ أَنْ أُخَالِفَكُمْ إِلَى مَا أَنْهَاكُمْ عَنْهُ

“Dan aku tidak berkehendak menyalahi kamu (dengan mengerjakan) apa yang aku larang”

Dan juga firman-Nya:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لِمَ تَقُولُونَ مَا لَا تَفْعَلُونَ (2) كَبُرَ مَقْتًا عِنْدَ اللَّهِ أَنْ تَقُولُوا مَا لَا تَفْعَلُونَ

“Wahai orang-orang yang beriman, kenapakah kamu mengatakan sesuatu yang tidak kamu kerjakan? Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan.”

Para ulama’ menyebutkan bahwa memberi contoh dengan lisanul hal (amal perbuatan) lebih kuat pengaruhnya daripada dengan lisanul maqal (ucapan).

Pilar-pilar Keberhasilan dalam Pendidikan Anak (10)

Syaikh Dr. Abdurrazaq bin Abdul Muhsin Al-Badr

(Sumber : Rakaiz Fii Tarbiyatil Abnaa’, karangan Dr. Abdurrazaq bin Abdul Muhsin Al-Badr dari https://d1.islamhouse.com/data/ar/ih_books/single_010/ar_rakaiz_fi_tarbiyatul_abnaa.pdf).

Bagikan melalui link ini: http://klikuk.com/4wzcq

About klikUK.com

Check Also

love_gift-t2

Pilar-Pilar Keberhasilan dalam Pendidikan Anak -8

  Nasehat dan Bimbingan Termasuk pilar utama keberhasilan dalam pendidikan anak yang lain adalah senantiasa ...