Home / Akidah Akhlaq / PILAR-PILAR KEBERHASILAN DALAM PENDIDIKAN ANAK -1

PILAR-PILAR KEBERHASILAN DALAM PENDIDIKAN ANAK -1

Pilar-pilar Keberhasilan dalam Pendidikan Anak (1)
Syaikh Dr. Abdurrazaq bin Abdul Muhsin Al-Badr

Bismillahirrahmanirrahim
Segala puji bagi Allah Rabb semesta alam, shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada hamba Allah, Rasul dan kekasih-Nya, Nabi kita Muhammad, juga kepada keluarga beliau dan seluruh shabatnya.

Termasuk kewajiban agung dan amanah besar yang paling utama agar diperhatikan seorang hamba dalam kehidupan ini adalah anak-anaknya; baik dari sisi pendidikan, pembentukan adab, pemberian nasehat dan pengarahan kepada mereka. Hal itu karena anak-anak termasuk amanah besar yang Allah perintahkan agar diperhatikan dan dijaga, sebagaimana firman-Nya ketika menyebutkan ciri-ciri orang-orang yang beriman:

وَالَّذِينَ هُمْ لِأَمَانَاتِهِمْ وَعَهْدِهِمْ رَاعُونَ

“Dan orang-orang yang memelihara amanat-amanat (yang dipikulkannya) dan janjinya.” (QS. Al-Ma’arij: 32).

Dan Allah juga berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَخُونُوا اللَّهَ وَالرَّسُولَ وَتَخُونُوا أَمَانَاتِكُمْ وَأَنْتُمْ تَعْلَمُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengkhianati Allah dan Rasul (Muhammad) dan (juga) janganlah kamu mengkhianati amanat-amanat yang dipercayakan kepadamu, sedangkan kamu mengetahui.” (QS. Al-Anfal: 27).

Allah Subhanahu wa Ta’ala telah memberikan kenikmatan agung ini kepada para orang tua, Dia berfirman:

لِلَّهِ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ يَخْلُقُ مَا يَشَاءُ يَهَبُ لِمَنْ يَشَاءُ إِنَاثًا وَيَهَبُ لِمَنْ يَشَاءُ الذُّكُورَ

“Kepunyaan Allah-lah kerajaan langit dan bumi, Dia menciptakan apa yang Dia kehendaki. Dia memberikan anak-anak perempuan kepada siapa yang Dia kehendaki dan memberikan anak-anak lelaki kepada siapa yang Dia kehendaki.” (QS. Asy-Syura: 49).

Maka dengan itu Dia mempercayakan nikmat tersebut kepada mereka, memberi kepada mereka hak atas anak-anak mereka dan mewajibkan kewajiban-kewajiban yang harus ditunaikan anak-anak terhadap mereka.

Demikian juga di sisi lain Allah menjadikan nikmat tersebut sebagai ujian dan cobaan, apabila mereka melaksakan apa yang diperintahkan kepada mereka terhadap anak-anak mereka maka mereka akan memperoleh pahala yang besar di sisi Allah, dan apabila mereka menyepelekan dalam mengemban amanah tersebut maka sungguh telah mengantarkan diri mereka sendiri kepada hukuman sesuai kadar sikap menyepelekan yang mereka lakukan.

Allah Ta’ala berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلَائِكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” Ayat tersebut adalah dasar yang agung sebagai dalil wajibnya memelihara anak-anak, mentarbiyah mereka dan memperhatikan keadaan mereka.

Bersambung…

PILAR-PILAR KEBERHASILAN DALAM PENDIDIKAN ANAK -2

(Sumber : Rakaiz Fii Tarbiyatil Abnaa’, karangan Dr. Abdurrazaq bin Abdul Muhsin Al-Badr dari https://d1.islamhouse.com/data/ar/ih_books/single_010/ar_rakaiz_fi_tarbiyatul_abnaa.pdf).

Bagikan melalui link ini: http://klikuk.com/vAvv5

About klikUK.com

Check Also

Memilih teman yg baik

Pilar-pilar Keberhasilan dalam Pendidikan Anak -9

  Teman Shalih Menjaga anak-anak dalam pertemanannya termasuk pilar utama yang wajib diperhatikan dalam pendidikan ...