Home / Akidah Akhlaq / Pentingnya Doa Pada Bulan Ramadhan

Pentingnya Doa Pada Bulan Ramadhan

berdoa-dengan-bahasa-selain-arab-bolehkah-934

Ramadhan Bulan Do’a

Sudah dimaklumi bersama keutamaan bulan Ramadhan sangat banyak. Di antaranya adalah doa orang yang berpuasa dikabulkan di bulan tersebut. Hal ini dijelaskan dalam hadits Abu Hurairoh , Rasulullah bersabda:

ثَلَاثُ دَعَوَاتٍ مُسْتَجَابَاتٌ: دَعْوَةُ الصَّائِمِ، وَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ، وَدَعْوَةُ الْمُسَافِرِ

Tiga doa yang mustajab adalah doa orang berpuasa, doa orang yang terzholimi dan doa musafir. (HR ath-Thabrani dalam ad-Du’a dan disahihkan al-Albani dalam Shahih al-Jaami’ no. 3030).

Pentingnya permasalahan doa dalam bulan Ramadhan karena bulan Ramadhan ada kesempatan emas dan waktu yang tepat untuk mendekatkan diri kepada Allah dengan ibadah. Ibadah teragung adalah doa sebagaimana dijelaskan Rasulullah dalam sabda beliau:

الدُّعَاءُ هُوَ الْعِبَادَةُ” ثُمَّ قَرأ هذِه الأيَةَ: {ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ} [فاطر: 60].

Doa adalah Ibadah, kemudian beliau membaca firman Allah : Dan Rabbmu berfirman: “Berdo’alah kepada-Ku, niscaya akan Ku-perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina”. (QS. 40:60)
(HR Abu Dawud no. 1479 dan Ibnu Hibaan dalam Shahihnya no. 2396 dengan sanad yang Shahih dan redaksi ini riwayat Ibnu Hibban. Hadits ini juga dishahihkan al-Albani dalam Shahih Sunan Abi Dawud)

Sehingga tepat bila ibadah teragung dilakukan dibulan yang teragung juga. Oleh karena itu Syeikh Abdurrazaq al-Abaad berkata:

Di antara perkara yang menjelaskan kedudukan dan urgensi doa di bulan Ramadhan adalah firman Allah:

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang mendoa apabila ia berdoa kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah)-Ku dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran. (QS. al-Baqarah/2:186)

Allah sampaikan ayat ini berada di antara ayat-ayat berkenaan dengan puasa dan di pertengahannya. Sebelum ayat ini ada firman Allah :

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ

setelahnya adalah firman Allah :

أُحِلَّ لَكُمْ لَيْلَةَ الصِّيَامِ الرَّفَثُ إِلَى نِسَائِكُمْ

Ayat ini yang mengkhususkan tentang doa yang mulia ada di tengah-tengah ayat-ayat tentang puasa dan dikeliling ayat-ayat tersebut. Tampaknya hal ini menunjukkan kedudukan doa yang tinggi dan urgensinya di bulan Ramadhan ini.

Seorang hamba dibulan yang penuh berkah ini dipenuhi rasa berharap mendapatkan taufiq dari Allah untuk menunaikan hak Allah di bulan ini sesempurna mungkin.

Tidak ada jalan mewujudkannya kecuali dengan memohon kepada Allah dan berdoa, menghinakan diri dihadapan Allah dan bertadharru` kepadanya. Demikian juga seorang memperbanyak ketaatan, ibadah dan amalan yang mendekatkan dirinya kepada Allah di bulan ini.

Tentunya dia berharap dan sangat ingin diterima semua itu oleh Allah. Tidak ada jalan untuk itu kecuali dengan berdoa, menghinakan diri dihadapan Allah dan bertadharru’ kepadaNya.

Juga seorang hamba kadang berbuat dosa sebelum Ramadhan atau muncul darinya kekurang atau kelalaian atau kurang optimal ketika di bulan Ramadhan dan ia berharap sekali diterima taubat dan diampuni dosanya.

Tidak ada jalan untuk itu kecuali dengan doa. Seakan-akan Allah menyadarkan hambaNya tentang perkara yang melindungi dan menyelamatannya serta perkara yang menjadikan keinginannya dan hajatnya terpenuhi serta kesalahan dan ketergelinciranya ditutupi.

Demikianlah bulan Ramadhan adalah bulan doa dan bulan dikabulkannya doa serta dibukakannya pintu taubat dan ampunan. Sudah sepantasnya seorang muslim memperbanyak doa dibulan yang mulia ini.
semoga bermanfaat.

Sumber makalah Ramadhan bulan doa di http://al-badr.net/detail/Rp9PAw3Yg6

Bagikan melalui link ini: http://klikuk.com/CgIzH

About klikUK.com

Check Also

wpid-safar8965190815861218629.jpeg

Hikmah bulan Shafar -1

15 Faidah Tentang Bulan Shafar Syaikh Muhammad Shalih al-Munajjid Segala puji untuk Allah, shalawat dan ...