Home / Akidah Akhlaq / Pendidikan Anak : Hasil dari Pendidikan yang Benar

Pendidikan Anak : Hasil dari Pendidikan yang Benar

 

Mushaf-Islamic

Hasil dari Tarbiyah yang Benar

Apa yang telah disebutkan di muka adalah di antara pilar-pilar yang akan membantu dalam pendidikan anak, pembentukan adab dan penanaman nilai-nilai luhur pada anak. Hendaknya seorang Muslim mengetahui bahwa dengan perhatian terhadap pilar-pilar itu dan memprakteknya maka ia akan menjadi orang yang pertama memetik buah dari tarbiyah ini di kehidupan dunia dan setelah ia wafat.

Di kehidupan dunia anaknya akan menjadi shalih dan berbakti kepadanya, menjaga hak-hak, serta menjauhi durhaka kepadanya. Hal itu karena Islam yang telah mendidiknya memerintahkan dan mendorongnya agar berperilaku demikian.

Adapun setelah wafat; anak tersebut akan bersungguh-sungguh mendoakannya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

إذا ماتَ ابنُ آدمَ انقطعَ عُمَلهُ إلا من ثلاث: صدقَة جارِية، وعِلم ينْتفَع به، ووَلد صالح يَدعو لَه

“Apabila anak Adam meninggal terputuslah amalnya kecuali dari tiga hal: shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak shalih yang mendoakannya.”[1]

Perlu diingat bahwa masalah pendidikan anak merupakan masalah agung. Wajib bagi setiap ayah untuk benar-benar memperhatikannya karena kebanyakan kerusakan anak-anak disebabkan sikap menelantarkan dan meremehkan tarbiyah mereka.

Al-‘Allamah Ibnul Qayyim berkata: “Barangsiapa yang menelantarkan pendidikan anaknya berupa hal-hal yang bermanfaat untuknya dan meninggalkannya begitu saja maka sungguh ia telah berbuat sangat buruk kepadanya. Kebanyakan kenakalan anak-anak disebabkan faktor ayah karena menelantarkan mereka dan tidak mengajari mereka dengan ilmu agama berupa kewajiban-kewajiban dan sunah-sunahnya.”[2]

Pilar-pilar Keberhasilan dalam Pendidikan Anak (11)

Syaikh Dr. Abdurrazaq bin Abdul Muhsin Al-Badr

 (Sumber : Rakaiz Fii Tarbiyatil Abnaa’, karangan Dr. Abdurrazaq bin Abdul Muhsin Al-Badr dari https://d1.islamhouse.com/data/ar/ih_books/single_010/ar_rakaiz_fi_tarbiyatul_abnaa.pdf).

[1] Muslim meriwayatkannya dalam kitab Shahihnya nomor 1.631.

[2] Al-Bukhari meriwayatkannya dalam kitab Shahihnya nomo 5.534 dan Muslim dalam kitab Shahihnya nomor 2.628.

Bagikan melalui link ini: http://klikuk.com/Dni6X

About klikUK.com

Check Also

love_gift-t2

Pilar-Pilar Keberhasilan dalam Pendidikan Anak -8

  Nasehat dan Bimbingan Termasuk pilar utama keberhasilan dalam pendidikan anak yang lain adalah senantiasa ...