Home / Brankas / Menyambut Datangnya Bulan Ramadhan

Menyambut Datangnya Bulan Ramadhan

menyambut-ramadhan-ala-rasulullah

Menyambut Datangnya Bulan Ramadhan

 

Saudaraku seiman…..

Alloh Subhanahu Wata’ala telah menjadikan beberapa musim yang  istimewa untuk melaksanakan ibadah. Di mana Alloh melipat gandakan pahala ibadah di dalamnya lebih dari waktu-waktu selainnya. Di antara musim-musim tersebut adalah bulan Ramadhan yang penuh berkah. Alloh telah menurunkan Al Qur’an di bulan tersebut sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelas serta pembeda antara yang haq dan yang bathil. Betapa besar keutamaan bulan tersebut dan betapa tinggi kemuliaannya  sebagai tempat para hamba melaksanakan amal-amal ketaatan.

Sungguh bulan tersebut telah dekat kedatangannya kepada kita, sebagai tamu yang besar lagi mulia. Maka hendaklah kita menyambutnya dengan kegembiraan dan penuh suka cita.

Hendaklah kita bersyukur kepada Alloh jika kita diizinkan untuk bertemu dengannya, dan marilah kita memohon kepada-Nya supaya amal-amal sholih kita diterima oleh-Nya.

Dahulu Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam memohon kepada Alloh supaya dipertemukan dengan bulan Ramadhan, sebagaimana diriwayatkan dalam hadits riwayat imam Thabrani dan selainnya dari Anas radhiyallahu ‘anhu sesungguhnya Nabi shallallahu ‘alahi wasallam berdo’a supaya dipertemukan dengan bulan Ramadhan. Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam  apabila telah berada di bulan Rajab maka beliau berdo’a :

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبٍ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

‘Ya, Alloh berikan barakah kepada kami di bulan Rajab dan Sya’ban dan sampaikanlah kami ke bulan Ramadhan.”

Demikian pula para ulama’ salaf mereka berdo’a kepada Allah supaya dipertemukan dengan bulan Ramadhan, dan apabila telah sampai di bulan Ramadhan maka mereka berdo’a supaya Alloh menerima amal ibadah mereka di dalamnya.

Semoga Allah memberikan karunianya kepada kita untuk bertemu bulan penuh berkah tersebut, dan ,menganugerahkan kepada kita kemampuan dan kekuatan  untuk memperbanyak amal ibadah dan ketaatan  didalamnya dengan sebaik-baiknya. Amin ya rabbal ‘alamiin…….

 

 

(Referensi : Al Khuthob Al Mimbariyyah fil Munasabat Al ‘Ashriyyah, Syaikh Sholih bin Fauzan bin Abdillah Al Fauzan, Muassasah Arrisalah, Jilid 1 Hlm. 75-76)

 

 

Bagikan melalui link ini: http://klikuk.com/nFXy4

About klikUK.com

Check Also

ledakan

Ringkasan Fikih Islam : Dosa Membunuh Orang Kafir Mu’ahad tanpa Kesalahan

Dosa Orang yang Membunuh Orang Kafir Mu’ahad tanpa Kesalahan عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَمْرٍ و ...