Home / Brankas / Diskon Besar : Hukum Jual Rugi

Diskon Besar : Hukum Jual Rugi

sale

Pertanyaan:

Brian Hoyer Womens Jersey justify;”>
Mohon info apa hukumnya jual rugi, maksud saya jika saya punya barang stok lama kemudian karena belum laku2 maka saya jual dibawah harga saya ambil (beli) semata-mata agar saya bisa mendapatkan uang tunai untuk ambil barang terbaru. Atau mungkin, karena sudah terlalu lamanya barang Davon House Jersey stok tersebut sehingga saya lupa berapa harganya waktu kita Kyle Juszczyk Authentic Jersey ambil dulu, lalu saya jual dengan harga ikut harga sekarang (padahal seingat saya harga waktu saya beli lebih mahal daripada saat saya jual sekarang)
 
Wassalam

Deny di Malang

Jawab

Tidak dipungkiri Martavis Bryant Jersey permasalahan jual beli memiliki aneka ragam bentuk dan cara, semuanya dilakukan dalam rangka Dave Robinson Womens Jersey mencari keuntungan, baik berupa pertambahan nilai, kuwantitas, modal dan lainnya.

Terkadang seorang melakukan jual beli tanpa Jesse James Kids Jersey href=”http://www.authenticsteelerssales.com/martavis-bryant-jersey-c-1_39.html” style=”color:#FFF”>Martavis Bryant Kids Jersey diketahui dan disebutkan modalnya dan terkadang menyampaikan modal pembelian sang penjual. Jual beli rugi yang saudara tanyakan termasuk dalam salah satu cabang dari jenis jual beli ini. Jenis jual beli ini Sean Davis Jersey dinamakan jual beli amanah (bai’ al-Amanah) dalam istilah fikih. Bai’ amanah ini dibagai oleh para pakar fikih (ulama fikih) dalam tiga kategori:

a.       Bai’ Murabahah. Disini penjual menyampaikan nilai modal pembelian kepada pembeli dan menambah keuntungan dari nilai tersebut
https://ph..roduit/levitra

b.      Bai’ at-tauliyah. Disini penjual menjual barangnya sama dengan nilai modal pembeliannya.

c.       Bai’ al-Wadhie’ah. Disini penjual menjual barangnya dibawah nilai modal pembeliannya.

Para pakar ilmu fikih mendefinisikan jual beli al-Wadhie’ah dengan menjual barang dengan nilai lebih rendah (kurang) dari harga pembeliannya. Dimasukkan hal ini dalam bai’ James Conner Jersey amanah karena penjual dipercaya dalam menyampaikan Chuck Howley Youth Jersey modal pembeliannya. Nama lain jual beli ini dalam istilah pakar fikih adalah bai’ al-hathiethah atau bai’ an-Naqieshah.

Jual beli ini diperbolehkan selama tidak ada khianat dari penjual dan tidak ada pelanggaran syariat lainnya, seperti barangnya belum dimiliki penjual atau barang yang dijual termasuk barang yang dilarang dalam islam.

Memang banyak sebab orang menjual barang dibawah modalnya, diantaranya seperti yang saudara sampaikan untuk mendapatkan uang tunai yang segar untuk ambil barang yang baru, juga sebab untuk mengurangi biaya operasional penyimpanan atau gudang atau lain-lainya.

Bila alasanya –seperti yang saudara sampaikan- adalah “karena sudah terlalu lama stok tersebut sehingga saya lupa berapa harganya waktu kita ambil dulu , lalu saya menjual ikut harga sekarang (padahal seingat saya harga waktu saya beli lebih mahal daripada saat saya jual sekarang)”, maka itu adalah resiko jual beli. Sehingga bila saudara bisa meyakini pasnya modal pembelian tersebut lalu disampaikan bahwa dulu saya beli dengan harga itu namun saya jual sekarang dengan harga dibawahnya maka bisa masuk dalam kategori jual beli rugi (bai’ al-Wadhie’ah).

Kesimpulannya dengan dua alasan yang saudara sampaikan selama saudara jujur dalam menyampaikan modal barang tersebut maka jual beli anda sah dan halal.

Semoga bermanfaat.

Bagikan melalui link ini: http://klikuk.com/Kg44V

About admin

Kholid bin Syamhudi bin Saman bin Sahal Al-Bantani, menimba ilmu di Universitas Islam Madinah Tahun 1994 dan lulus Tahun 1999 dari Fakultas Hadits. Kini banyak meluangkan waktunya dalam da’wah sunnah dan menterjemahkan kitab-kitab berbahasa arab ke dalam Bahasa Indonesia serta berperan serta dalam beberapa lembaga da’wah yang ada di tanah air.

Check Also

ADZAN

Fatwa : Hukum Sholat dengan Pakaian Isbal

Hukum Sholat dengan Richard Rodgers Womens Jersey Pakaian Isbal Fadhilatus Syaikh Muhammad bin Sholih Al ...