Home / Akidah Akhlaq / Hikmah bulan Shafar -4

Hikmah bulan Shafar -4

15 Faidah Tentang Bulan Shafar (4)
Syaikh Muhammad Shalih al-Munajjid

7. Bulan shafar seperti bulan-bulan Allah lainnya, tidak dinamakan bulan baik dan juga bukan bulan buruk. Akan tetapi bulan shafar adalah hari-hari Allah yang terdapat padanya kebaikan dan keburukan seperti hari-hari pada bulan-bulan lainnya. Zaman tidak masuk memberi pengaruh pada ketentuan dan takdir Allah. Semua perkara di Tangan Allah Ta’ala semata. Dan tidak akan terjadi sesuatu melainkan apa yang telah Allah takdirkan sebagaimana firman Allah Ta’ala:

قُلْ لَنْ يُصِيبَنَا إِلَّا مَا كَتَبَ اللَّهُ لَنَا هُوَ مَوْلَانَا ۚ وَعَلَى اللَّهِ فَلْيَتَوَكَّلِ الْمُؤْمِنُونَ

Katakanlah: “Sekali-kali tidak akan menimpa kami melainkan apa yang telah ditetapkan Allah untuk kami. Dialah Pelindung kami, dan hanya kepada Allah orang-orang yang beriman harus bertawakal”. {QS. At-Taubah: 51}

8. al-Hafidh Ibn Rojab rahimahullah berkata: “Mengkhususkan keyakinan merasa sial pada suatu waktu tanpa waktu lainnya seperti bulan shafar atau selainnya, maka ini tidak benar karena seluruh waktu adalah ciptaan Allah Ta’ala, padanya terjadi perbuatan anak manusia. Setiap waktu yang digunakan oleh orang mukmin untuk sibuk dengan ketaatan kepada Allah maka itulah waktu yang barakah baginya. Adapun waktu yang digunakan seorang hamba dengan sibuk bermaksiat kepada-Nya maka itulah waktu sial baginya. Sial pada hakikatnya adalah bermaksiat kepada Allah Ta’ala…. Maka tidak ada kesialan kecuali pada kemaksiatan dan dosa. Ia akan menjadikan Allah murka. Apabila Dia telah murka terhadap hamba-Nya maka ia akan sengsara di dunia dan di akherat. Sebagaimana juga apabila Allah ridha terhadap hamba-Nya maka ia akan bahagia di dunia dan di akherat.” (Lathaiful Ma’arif halaman 75 dengan ringkas.)

(Sumber:https://www.docdroid.net/wrGWXUL/5fayd-fy-shhr-sfr-mhmd-salh-almnjd.pdf#page=4).

Bagikan melalui link ini: http://klikuk.com/hF3ql

About klikUK.com

Check Also

wpid-fb_img_15237576133111880934809.jpg

Hikmah bulan Shafar -5

15 Faidah Tentang Bulan Shafar (5) Syaikh Muhammad Shalih al-Munajjid 9. Tathayyur (merasa sial dengan ...