Home / Brankas / Hal-hal yang Dilarang dalam Hari Raya

Hal-hal yang Dilarang dalam Hari Raya

abu-mujahidah-al-ghifari-08Hal yang Dilarang dalam Hari Raya.

Hari raya adalah salah satu syiar kemuliaan kaum muslimin. Pada hari itu mereka berkumpul, jiwa-jiwa menjadi bersih dan persatuan terbentuk serta pengaruh kejelekan dan kesengsaraan hilang. Sehingga tidak tampak pada waktu itu kecuali kebahagian. Namun nilai ini semua mulai terkontaminasi dengan yang lainnya dan dirasuki penyakit umat lain. Sehingga sebagian fenomena buruk mulai tampak dipermukaan pada hari raya. Fenomena-fenimena ini ada dua macam : adakalanya kemungkaran yang tidak diperbolehkan dalam segala keadaan dan adakalanya masih dibawah kemungkaran namun dapat menghambat perjalanan masyarakat muslim dijalannya menuju Allah Ta’ala. Diantara fenomena tersebut adalah :

  1. Meniru orang kafir dalam berpakaian. Kita mulai melihat sebagian fenomena aneh pada masyarakat kita khususnya pada hari raya. Itu pada pakaian wanita berupa pakaian yang tumbuh dari meniru dan taklid buta kepada wanita kafir. Seorang muslimah yang memiliki semangat menjaga agama, kehirmatan dan fitrohnya lebih berakal dan mulia dari pada Brett Favre Authentic Jersey wanita yang meniru orang yang jelas tempat kembalinya neraka, tempat yang Coty Sensabaugh Womens Jersey paling jelek.
  2. Yang dapat dilihat dalam hari raya banyaknya wanita bertabarruj (memamerkan kecantikannya), tidak berhijab. Siapa yang sholat ied di tanah harom (tanah suci Makkah) akan merasakan hal ini!!* sepantasnyalah seorang muslimah yang menjaga kemuliaan dan kesuciannya untuk menutup aurat, sebab kemulian dan kehormatannya ada pada agama dan kesuciannya.
  3. Sebagian orang menjadikan hari raya sebagai syiar kenekatan melaksanakan kemaksiatan, sehingga ia melakukan hal-hal yang diharamkan terang-terangan dan disiang hari. Hal itu dengan mendengar nyanyian gila dan memakan makanan dan minuman yang Allah Ta’ala haramkan dan ini ada diseluruh negeri Islam. Hanya kepada Allahlah tempat mengadu. Termasuk juga dalam hal ini menghidupkan malam dan hari raya dengan pesta-pesta yang terjadi disana pelanggaran hal-hal yang diharamkan Allah Ta’ala dan berkumpul untuk ngrumpi dan namimah, serta menyakiti kaum muslimin. Dalam pesta-pesta tersebut tidak ada tempat untuk dzikir kepada Allah ‘Azza wajalla atau mendengar kata-kata kebenaran.
  4. Banyak ziaroh (kunjungan) yang campur baur antara lawan jenis (Ikhtilat), pertemuan keluarga dan pertemuan trah (pertemuan keluarga besar). Disana sebagian orang menganggap remeh perbuatan menyalami perempuan yang bukan mahromnya, seperti ipar dan anak paman, padahal hal ini diharomkan !!
  5. Banyak terjadi berlebih-lebihan dalam pesta, membuat makanan dan minuman yang tidak berfaedah, bahkan sampai dibuang disana sini, padahal kaum muslimin di bumi Allah yang luas ini banyak yang mati pagi dan sore karena kelaparan. Mana perasaan seperti perasaan satu tubuh ? mana solidaritas dan sayang menyayangi ? mana interaksi sosial orang kaya dengan miskin ?! tidakkah sepantasnya Lance Kendricks Youth Jersey kaum muslimin menyalurkan kelebihan makanan dan minuman mereka kepada saudara mereka yang membutuhkannya di sumua Dan Mccullers Kids Jersey tempat. Inilah sesungguhnya yang harus dilakukan dan diharapkan.
  6. Hari raya menjumpai sebagian orang namun hati mereka penuh dengan sifat dengki dan Richard Rodgers Youth Jersey permusuhan. Padahal wajib bagi mereka untuk membersihkan hatinya dari penyakit-penyakit berbahaya ini, karena hari raya adalah satu kesempatan untuk mensucikan jiwa dan menyatukan hati-hati kaum muslimin. Bagaimana hari raya menjumpai seorang muslim dan ia sedang memboikot  saudaranya, bahkan kerabatnya?! Sebabnya hanyalah kepentingan dunia yang fana ini!! Sesunguhnya hari raya adalah satu kesempatan baik untuk melatih dan menjadikan jiwa taat serta mengendalikannya dengan kendali kebenaran, agar tetap bersih dan suci, mencintai orang lain sebagaimana ia cinta diperlakukan orang lain. Inilah kaidah persaudaraan islam yang suci.
  7. Sebagian orang tidak bersungguh-sungguh dalam melakukan sholat hari raya dan tidak mau mendapatkan pahalanya, sehingga mereka tidak menyaksikan sholat dan do’a kaum muslimin. Terkadang penyebab tidak hadirnya ia dalam Josh Scobee Kids Jersey sholat hari raya hanyalah begadang di malam harinya untuk sesuatu yang bukan ketaatan kepada Allah Ta’ala.
  8. Hari raya adalah perayaan tahunan yang berulang setiap tahunnya dua kali, sehingga sepatutnyalah kaum muslimin memanfaatkannya dan membongkar sisi kekurangan dan ketidak sempurnaan yang mereka miliki lalu memperbaikinya. Diantara yang kita rasa ketidak mampuan orang memanfaatkannya di waktu-waktu ini adalah tidak adanya sikap empati terhadap para fakir dan miskin. Berapa banyak mereka tidak memiliki keluarga? Hari raya berlalu sama dengan hari-hari biasa lainnya kefakiran menyusahkan, ketidak adaan menghadapi mereka dan musibah selalu menimpa mereka. Padahal disekitarnya banyak orang yang Allah Ta’ala anugrahkan harta dan kekayaan yang berkubang dengan beraneka ragam kenikmatan namun tidak pernah memperdulikan mereka. Realita ini ada di semua kota dan perkampungan!!! Akan Bill Bates Kids Jersey tetapi sedikit dan banyaknya tergantung pada kedermawanan dan kebakhilan orang-orang kaya dan pemberian muhsinin dan diamnya mereka.
  9. Diantara keadaan yang perlu dilihat yang berulang-ulang terjadi dalam hari raya dan malam-malam Romadhon adalah kelakuan anak-anak dan remaja memainkan mercon yang mengganggu orang sholat dan merusak keamanan. Berapa banyak terjadi musibah dan kecelakaan dengan sebabnya !! ada yang kena matanya, yang lain kena kepalanya dan yang lainnya lagi kena betisnya dan seterusnya, namun orang-orang lalai terhadap hal ini. Yang lebih mengenaskan lagi adanya orang yang berdagang dan menyebarkannya hanya karena rakus terhadap keuntungan materi semata tanpa melihat kepada madhorat yang ditimbulkannya dan tidak pula memperhatikan larangan negara terhadap mercon dan orang yang menjualnya. Kami tidak melarang bentuk-bentuk permainan yang baik dan mubah, khususnya untuk anak-anak, jika hal itu sesuai dengan ketentuan syariat dan tidak ada larangannya. Bahkan pada hari raya diperbolehkan sesuatu yang tidak diperbolehkan dihari lain.
  10. Sebagian orang menghidupkan malam-malam dan siang hari raya dengan merusak kehormatan kaum muslimin, sehingga kamu dapati ia mencari-cari aurat kaum muslimin dan memancing diair keruh. Sarananya adalah gagang telpon Brice Butler Youth Jersey atau pasar-pasar yang sekarang dipenuhi kaum wanita dalam keadaan memakai perhiasan mereka seluruhnya. Lalu rumah tangga yang indah menjadi hancur dan Bob Lilly Youth Jersey keluarga menjadi berantakan serta kehidupan berubah menjadi neraka setelah sebelumnya aman tentram !!
  11. Ada juga orang yang menjadikan hari raya kesempatan untuk melipat gandakan usaha jeleknya, hal ini dilakukan dengan menipu dan bohong serta memakan harta orang lain dengan batil. Seakan-akan tidak ada yang mengawasi dan menghisabnya. Sehingga kamu dapati ia tidak takut menjual barang-barang yang Allah haramkan berupa makanan, minuman, alat permainan dan sarana-sarana penghancur rumah tangga dan masyarakat.

 

Penutup : Hari raya yang kami inginkan.

Hari raya adalah hari senang dan bahagia bagi orang yang hatinya baik, niatnya ikhlas kepada Allah, pikirannya bersih dan pergaulannya terhadap makhluk baik sehingga bergaul kepada mererka sebagaimana ia ingin mereka memperlakukannya.

Hari raya adalah hari memaafkan dan berbuat kebaikan, memaafkan orang yang menyakitinya dan membalas kejelekan dengan kebaikan.

Hari raya adalah hari pembagian pemberian dan hadiah bagi yang menang, namun kemenangan ini punya rasa dan kelezatan tersendiri, karena kemenangan tersebut dengan ketaatan dan bersegera dalam beramal sholih.

Sungguh hari raya yang berbahagia hanya untuk orang yang sholat, puasa, berbakti kepada kedua orang tua dan melaksanakan hak kewajibannya dengan sempurna.

Hari raya yang bahagia hanya untuk orang-orang yang taat, jujur , bertasbih, bertahil dan banyak berdzikir kepada Allah Subhanahu wata’ala.

Tidak ada hari raya yang bahagia bagi orang yang lupa diri dengan syahwatnya, tinggi nama dan besar martabat serta jabatannya. Tidak demi Allah!! Tidak ada hari raya bagi orang yang durhaka kepada kedua orang tuanya dan tidak juga bagi orang yang hasad kepada orang lain atau menyakiti atau mengganggu diri dan harta serta kehormatan orang lain.

Kita berharap hari raya berlalu pada umat Islam dalam keadaan menuju kejayaannya dan kepemimpinan dunia sebagaimana pada zaman terdahulu.

Kita berharap hari raya berlalu dalam keadaan hati dipenuhi iman dan jiwa tentram melaksanakan ketaatan Allah dan tokoh-tokoh yang tawadhu’ yang memegang kendali pengarah dalam seluruh sisi kehidupan.

Kita berharap hari raya berlalu dalam keadaan tangan orang kaya menjulur kepada tangan orang fakir dan memberinya sehingga meringankan luka dan sakitnya agar sang fakir tersebut dapat merasakan kelezatan dan kebahagian hari raya.

Kita berharap hari raya berlalu dalam keadaan hati orang-orang bersatu dan usaha tolong menolong dan kerja sama menjadi syiar masyarakat muslim berwujud satu tubuh, apabila satu anggotanya sakit maka tubuh tersebut merasa tertimpa demam dan tidak bisa tidur.

Kita berharap hari La’el collins Womens Jersey raya datang kembali kepada umat Islam dan luka dalam umat ini sembuh, harapannya terwujud, sakitnya hilang, musuhnya terhinakan, kepalanya terangkat, suaranya didengar dan pendapatnya diikuti (dunia).

Kita berharap hari raya datang kembali dan syari’at Islam digunakan diseluruh negara, baik orang petinggi atau rendahannya dalam seluruh sisi kehidupannya. Ketika itulah terwujud kebaikan yang sempurna kepada umat Islam ini dan mereka merasakan rasa kebahagian yang hakiki serta mendapatkan kebahagian dan gelora hari raya.

Semoga bermanfaat.

Sukoharjo; 21 September 2014.

Kholid Syamhudi.

 

 

* lebih-lebih dinegeri Indonesia, hal ini jelas seperti matahari disiang bolong. Nas’alulloh a ’Afiat wa Salamat (pent).

Bagikan melalui link ini: http://klikuk.com/o2ggr

About admin

Kholid bin Syamhudi bin Saman bin Sahal Al-Bantani, menimba ilmu di Universitas Islam Madinah Tahun 1994 dan lulus Tahun 1999 dari Fakultas Hadits. Kini banyak meluangkan waktunya dalam da’wah sunnah dan menterjemahkan kitab-kitab berbahasa arab ke dalam Bahasa Indonesia serta berperan serta dalam beberapa lembaga da’wah yang ada di tanah air.

Check Also

wpid-img_20180605_2123548233503940939453834.jpg

Fatwa Ramadhan : Sakit TBC Sehingga Tidak Mampu Puasa

Hukum Orang Sakit TBC yang Tidak Mampu Berpuasa Pertanyaan pertama dari fatwa nomor 1528 Pertanyaan: ...