Home / Brankas / Fikih Puasa : Hukum Menelan Sisa Makanan Ketika Berpuasa

Fikih Puasa : Hukum Menelan Sisa Makanan Ketika Berpuasa

calm_waters_by_max_mazurenko-t2

Hukum Menelan Sisa Makanan Ketika Berpuasa

 Pertanyaan ke-442

Apabila tersisa makanan di sela-sela gigi orang yang berpuasa, apakah batal puasanya jika ia menelannya? Berikanlah faidah kepada saya dalam masalah ini, semoga Allah memberikan barakah kepada anda.

Jawab :

Apabila seseorang yang sedang berpuasa mendapatkan sisa makanan di sela-sela giginya maka ia harus mengeluarkan dan membersihkannya dari mulut. Ini tidak mempengaruhi keabsahan puasanya, kecuali jika ia menelannya secara sengaja. Apabila ia menelannya dengan sengaja maka hal itu membatalkan puasanya. Adapun jika ia menelan sisa makanan itu karena tidak tahu hukumnya atau karena lupa maka tidak berpengaruh terhadap keabsahan puasanya.

Dalam hal ini, hendaklah seorang muslim bersemangat untuk membersihkan mulutnya setelah makan, baik dalam waktu puasa ataupun tidak. Dikarenakan kebersihan itu dituntut dari seorang muslim, dan hendaklah ia memperhatikan kebersihan gigi dan mulutnya setelah makan dengan membersihkannya sehingga tidak tersisa makanan yang bisa menimbulkan bau yang tidak sedap, dan bisa juga menyebabkan madharat baginya dan mempengaruhi giginya dengan adanya gangguan kesehatan.

 

(Diterjemahkan dari : Al Muntaqa min Fatawa Fadhilatu Syaikh Shalih bin Fauzan Al Fauzan, Maktabah Al Furqon, Cetakan ke-2, 1426 H/2005 M, Hlm. 361-362)

 

Bagikan melalui link ini: http://klikuk.com/avATW

About Team KlikUK

Check Also

lian

Apakah Keluar Madzi Membatalkan Puasa ?

Apakah Keluar Madzi Membatalkan Puasa ? Syaikh Muhammad bin Sholih Al ‘Utsaimin pernah ditanya, “Ketika ...