Home / Brankas / Fikih Puasa : Hukum Memakai Tetes Mata ketika Puasa

Fikih Puasa : Hukum Memakai Tetes Mata ketika Puasa

gandom-t2

Hukum Memakai Tetes Mata ketika Puasa

 Segala puji bagi Allah Subhanahu wata’ala, shalawat dan salam semoga tercurah kepada Rasulullah, keluarga, dan para shahabatnya.

Beberapa waktu yang lalu telah kami sampaikan pembahasan tentang hukum memakai obat tetes hidung bagi orang yang berpuasa. Lalu bagaimana hukum memakai obat tetes mata bagi orang yang berpuasa? Berikut ini pemaparan singkat tentang hal tersebut yang kami terjemahkan dari kitab Al Fiqh Al Muyassar karya Prof. Dr. Abdullah bin Muhammad At Thayyar bagian Nawazil fil ‘Ibadat.

Penulis mengatakan :

Sebagian besar ahli ilmu, di antaranya Syaikh Abdul Aziz bin Baz[1], dan Syaikh Muhammad bin Shalih Al ‘Utsaimin[2], demikian pula fatwa dari Lajnah Daimah lil Buhuts Al ‘Ilmiyyah wal Ifta’, mereka berpendapat bahwa tetes mata tidak membatalkan puasa, karena tidak termasuk makan dan minum, tidak pula semakna dengannya.

Sesungguhnya dalil menunjukkan akan larangan makan dan minum bagi orang yang berpuasa, maka perkara yang tidak semakna dengan makan dan minum tidaklah disamakan hukumnya. Demikian pula bahwa puasa adalah ibadah yang telah tetap secara yakin akan keabsahannya, sehingga tidak boleh dinyatakan batal kecuali dengan keyakinan pula.

Adapun cairan yang masuk dari tetes mata apabila memang ada, maka itu tidaklah lebih banyak dari air sisa setelah madhmadhah (berkumur kumur ketika wudhu –pen) dan hal itu diberi keringanan.

 

(Al Fiqh Al Muyassar, Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Muhammad At Thayyar, dkk, Cetakan kedua, Tahun 1433 H/2012 M, Riyadh, Madar Al Wathan lin Nasyr, 9/139-140)

[1] Majmu’ Fatawa Al ‘Allamah Abdul Aziz bin Baz –rahimahullah– (15/264)

[2] Majmu’ Fatawa wa Rasail Ibnu Utsaimin –rahimahullah– (19/209)

Bagikan melalui link ini: http://klikuk.com/gO4v8

About Team KlikUK

Check Also

gencatan senjata

Ringkasan Fikih Islam : Hukum Membai’at Dua Pemimpin

Hukum Membai’at Dua Pemimpin عَنْ أَبِي سَعِيْدِ الْخُدْرِي رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ...