Home / Akidah Akhlaq / Fatwa : Hukum Shalat di Belakang Seorang yang Mengaku Mengetahui Ilmu Ghaib

Fatwa : Hukum Shalat di Belakang Seorang yang Mengaku Mengetahui Ilmu Ghaib

Hukum Shalat di Belakang Dukun yang Mengaku Mengetahui Ilmu Ghaib

Fatwa nomor: 2948

Pertanyaan:

Apakah boleh peramal dan dukun mengimami shalat ?

Apa hukum shalat di belakang dukun fasik yang mengaku mengetahui perkara ghaib yang akan terjadi pada masa yang akan datang, Hal ini karena di Afrika Selatan terdapat sekelompok dari kalangan orang “berilmu”, berprofesi sebagai dukun yang mengelabuhi dua juta kaum muslimin yang lemah. Mereka makan harta manusia dengan melakukan praktek sihir, perdukunan, menulis jimat, dan meminta pertolongan jin.

Di situ ada beberapa orang India dan Pakistan yang memiliki rambut yang mereka yakini adalah rambut Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam dan mereka membohongi manusia dengan rambut tersebut. Barangsiapa berkunjung kepada mereka di kota Lance kemudian mereka menujukkan rambut tersebut, maka pengunjung harus membayar 30 pound sampai 100 pound. Apakah hal itu dibolehkan? Sungguh kami mengingkarinya, berilah kami fatwa!

Jawaban:

Barangsiapa mengaku mengetahui perkara ghaib dari kalangan peramal dan dukun dengan melihat bintang-bintang atau menulis pada pasir, atau meminta bantuan jin serta hal semisal lainnya yang bukan merupakan sebab biasa (berlaku di dunia), maka ia adalah orang kafir berdasarkan firman Allah:

قُلْ لَا يَعْلَمُ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ الْغَيْبَ إِلَّا اللَّهُ

Katakanlah: “Tidak ada seorangpun di langit dan di bumi yang mengetahui perkara yang ghaib, kecuali Allah” dan firman-Nya:

عَالِمُ الْغَيْبِ فَلَا يُظْهِرُ عَلَى غَيْبِهِ أَحَدًا . إِلَّا مَنِ ارْتَضَى مِنْ رَسُولٍ فَإِنَّهُ يَسْلُكُ مِنْ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهِ رَصَدًا

“(Dia adalah Tuhan) Yang Mengetahui yang ghaib, maka Dia tidak memperlihatkan kepada seorangpun tentang yang ghaib itu. Kecuali kepada rasul yang diridhai-Nya, maka sesungguhnya Dia mengadakan penjaga-penjaga (malaikat) di muka dan di belakangnya.”

Dan firman-Nya:

إِنَّ اللَّهَ عِنْدَهُ عِلْمُ السَّاعَةِ وَيُنَزِّلُ الْغَيْثَ وَيَعْلَمُ مَا فِي الْأَرْحَامِ وَمَا تَدْرِي نَفْسٌ مَاذَا تَكْسِبُ غَدًا وَمَا تَدْرِي نَفْسٌ بِأَيِّ أَرْضٍ تَمُوتُ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ

“Sesungguhnya Allah, hanya pada sisi-Nya sajalah pengetahuan tentang Hari Kiamat; dan Dia-lah Yang menurunkan hujan, dan mengetahui apa yang ada dalam rahim. Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusahakannya besok. Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.
Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam menjelaskan perkara tersebut dengan sabdanya:

من أتى عرافا فسأله عن شيء لم تقبل له صلاة أربعين ليلة

“Barangsiapa mendatangi dukun lalu bertanya tentang sesuatu maka shalatnya empat puluh malam tidak diterima.” (HR. Muslim dalam kitab shahihnya). Dan sabda beliau:

من أتى كاهنا فصدقه بما يقول فقد كفر بما أنزل على محمد صلى الله عليه وسلم

“Barangsiapa mendatangi dukun lalu membenarkan apa yang diucapkan dukun tersebut maka sungguh ia telah kafir dengan apa yang diturunkan kepada Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam.” (HR. Abu Dawud). Dan sabdanya:

من أتى عرافا أو كاهنا فصدقه بما يقول فقد كفر بما أنزل على محمد صلى الله عليه وسلم

“Barangsiapa mendatangi tukang ramal atau dukun lalu membenarkan apa yang dikatakan tukang ramal atau dukun tersebut maka sungguh ia telah kafir dengan apa yang diturunkan kepada Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam.” (HR. Arba’ah dan al-Hakim dan beliau berkata: shahih berdasarkan syarat al-Bukhari dan Muslim).

Dan sabdanya:

ليس منا من تطير أو تطير له، أو تكهن أو تكهن له، أو سحر أو سحر له، ومن أتى كاهنا فصدقه بما يقول فقد كفر بما أنزل على محمد صلى الله عليه وسلم

“Tidak termasuk golongan kami orang yang bertathayyur (meramal burung tertentu bahwa akan ada kesialan) atau minta dilakukan tathayyur terhadapnya, atau melakukan praktek perdukunan atau mendatangi dukun (bertanya perkara yang belum terjadi), atau menyihir atau minta (orang lain) disihir untuk kepentingannya. Dan barangsiapa mendatangi dukun lalu membenarkan apa yang dikatakannya maka sungguh ia telah kufur dengan apa yang diturunkan kepada Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam.” (HR. al-Bazzar dengan sanad jayyid).

Semoga Allah memberi taufiq dan semoga shalawat serta salam senantiasa tercurah kepada Nabi kita Muhammad, keluarga dan para sahabatnya.
Komite Tetap Riset Ilmiyah dan Fatwa
Ketua : Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz
Wakil Ketua : Abdurrazaq ‘Afifi
Anggota : Abdullah bin Ghudayan
Anggota : Abdullah bin Quud

FATWA LAJNAH DAIMAH LILBUHUTS AL-ILMIYAH WALIFTA’
JILID 1 TENTANG AQIDAH
Disusun oleh: ASY-SYAIKH AHMAD BIN ABDURRAZAQ AD-DUWAISY

(Sumber : Fatwa lajnah daimah lilbuhuts al-ilmiyah walifta’ tentang aqidah yang disusun oleh Syaikh Ahmad bin Abdurrazaq Ad-Duwaisy, dari situs www.dorar.net atau mauqi’u ad-durar as-saniyah).

فتوى رقم 2948:

س: هل يجوز أن يؤم العراف والكاهن الناس؟ وما حكم الصلاة خلف الكاهن الفاسق الذي يدعي علم المغيبات في المستقبل، فإنه يوجد طائفة من العلماء في جنوب أفريقيا كهانا يلبسون على ملايين من ضعفاء المسلمين ويأكلون أموالهم بالسحر والكهانة وكتابة الطلاسم واستخدام الجن. وهنا بعض الهنود والباكستانيين عندهم شعر يزعمون أنه شعر النبي صلى الله عليه وسلم ويدجلون به على الناس، ومن زارهم في حي لانس الذي يعرضون فيه ذلك الشعر يدفع 30 جنيها أو مائة جنيه فهل يجوز ذلك؟ فإننا ننكره عليهم فأفتونا.

ج: من يدعي علم الغيب من العرافين والكهان بنظره في النجوم أو في كتاب أو بخط في الرمل أو استخدام جني أو نحو ذلك مما ليس من الأسباب العادية – فهو كافر بقوله تعالى: قل لا يعلم من في السموات والأرض الغيب إلا الله الآية، وقوله سبحانه: عالم الغيب فلا يظهر على غيبه أحدا إلا من ارتضى من رسول فإنه يسلك من بين يديه ومن خلفه رصدا وقوله سبحانه: إن الله عنده علم الساعة وينزل الغيث ويعلم ما في الأرحام وما تدري نفس ماذا تكسب غدا وما تدري نفس بأي أرض تموت إن الله عليم خبير.

وقد بين النبي صلى الله عليه وسلم ذلك بقوله: من أتى عرافا فسأله عن شيء لم تقبل له صلاة أربعين ليلة رواه مسلم في صحيحه وقوله: من أتى كاهنا فصدقه بما يقول فقد كفر بما أنزل على محمد صلى الله عليه وسلم، رواه أبو داود وقوله: من أتى عرافا أو كاهنا فصدقه بما يقول فقد كفر بما أنزل على محمد صلى الله عليه وسلم رواه الأربعة والحاكم وقال: صحيح على شرطهما، وقوله: ليس منا من تطير أو تطير له أو تكهن أو تكهن له أو سحر أو سحر له، ومن أتى كاهنا فصدقه بما يقول فقد كفر بما أنزل على محمد صلى الله عليه وسلم رواه البزار بإسناد جيد.

وعلى هذا لا يجوز لمن يعلم حال هؤلاء أن يصلي وراءهم ولا تصح صلاته خلفهم.

وبالله التوفيق، وصلى الله على نبينا محمد, وآله وصحبه وسلم.

اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاء

عضو عضو نائب رئيس اللجنة الرئيس

عبد الله بن قعود عبد الله بن غديان عبد الرزاق عفيفي عبد العزيز بن عبد الله بن باز

Bagikan melalui link ini: http://klikuk.com/IC0x7

About klikUK.com

Check Also

wpid-img_20180611_1744155764868026292960762.jpg

Fatwa Ramadhan : Haruskah Tetap Puasa ketika Safar..?

Makna Hadits Orang yang Berpuasa dapat Satu Pahala dan Orang yang Berbuka dapat Dua Pahala ...