Home / Brankas / Fatwa : Hukum Mengusap Wajah Setelah Berdo’a

Fatwa : Hukum Mengusap Wajah Setelah Berdo’a

berdoa (2)

Hukum Mengusap Wajah Setelah Berdo’a

Fadhilatu Syaikh Muhammad bin Sholih Al ‘Utsaimin pernah ditanya tentang hukum mengusap wajah dengan kedua tangan setelah berdo’a ?

 

Beliau menjawab, “Mengusap wajah dengan kedua tangan setelah berdo’a yang tepat tidak disyari’atkan, karena hadits-hadits[1] yang menjelaskannya lemah. Sehingga Syaikhul Islam -rahimahullah- mengatakan, “hadits-hadits tersebut tidak  bisa dijadikan hujjah.” Jika kita tidak bisa memastikan dan tidak pula memiliki persangkaan kuat akan disyari’atkannya suatu amalan maka yang lebih utama amalan tersebut ditinggalkan, karena syari’at tidaklah ditetapkan sekedar dengan persangkaan, kecuali jika berupa persangkaan kuat.

Maka pendapat saya tentang mengusap wajah dengan kedua tangan setelah berdo’a bahwa hal itu tidak termasuk sunnah. Sebagaimana telah ma’ruf bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam beliau berdo’a meminta hujan ketika khutbah Jum’at dan beliau mengangkat kedua tangannya, dan tidak ada nukilan bahwa beliau mengusap wajahnya dengan kedua tangan. Demikian pula disebutkan dalam beberapa hadits bahwasanya Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam berdo’a dengan mengangkat tangan, namun tidak ada nukilan yang valid bahwa beliau mengusap wajahnya.”

 

 

(Sumber : Majmu’ Al Fatawa Wa Rasail Fadhilatu Syaikh Muhammad bin Sholih Al ‘Utsaimin, Dikumpulkan oleh Syaikh Fahd bin Nashir As Sulaiman, Cetakan Pertama, 1419 H, Daru Tsurayya lin Nasyr, XIV/157).

 

 

 

 

 

 

[1] HR. Abu Dawud no. 1492, dan Tirmidzi no. 3386.

Bagikan melalui link ini: http://klikuk.com/QWVAW

About klikUK.com

Check Also

gencatan senjata

Ringkasan Fikih Islam : Hukum Membai’at Dua Pemimpin

Hukum Membai’at Dua Pemimpin عَنْ أَبِي سَعِيْدِ الْخُدْرِي رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ...