Home / Brankas / Fatwa : Hukum Mempercepat Langkah Menuju Shalat Jamaah

Fatwa : Hukum Mempercepat Langkah Menuju Shalat Jamaah

Hukum Mempercepat Langkah Menuju Sholat Berjama’ah

Fadhilatu Syaikh Muhammad bin Sholih Al ‘Utsaimin ditanya tentang hukum mempercepat langkah ketika berjalan menuju sholat?

Beliau menjawab: “Mempercepat langkah untuk menuju sholat termasuk perkara yang dilarang. Karena Nabi ‘alaihis sholatu wassalam memerintahkan kita untuk berjalan menuju sholat dengan tenang dan tidak tergesa-gesa, dan beliau melarang kita dari mempercepat langkah.

Akan tetapi sebagian ahli ilmu berpendapat bahwa tidak mengapa mempercepat langkah tanpa berlebihan jika khawatir tetinggal rakaat, semisal jika ia datang sedangkan imam sedang ruku’, maka tidak mengapa mempercepat langkah dengan tidak berlebihan seperti yang dilakukan sebagian orang. Engkau dapatkan sebagian orang datang lalu berlari kencang (menuju shof), ini perkara yang dilarang.

Dalam hal ini, jika seseorang berjalan dengan tenang, tidak tergesa-gesa, dan tanpa mempercepat langkah itu lebih utama, meskipun ia khawatir tertinggal rakaat sholat, berdasarkan keumuman hadits.”

(Sumber : Majmu’ Al Fatawa Wa Rasail Fadhilatu Syaikh Muhammad bin Sholih Al ‘Utsaimin, Dikumpulkan oleh Syaikh Fahd bin Nashir As Sulaiman, Cetakan Pertama, 1419 H, Daru Tsurayya lin Nasyr, XIII/7).

Bagikan melalui link ini: http://klikuk.com/NDpyc

About klikUK.com

Check Also

black-walpaper_131

Jihad Tanpa Ilmu

Berjihad tanpa ilmu. Abu ad-Darda’ radhiyallahu anhu berkata : “Siapa yang memandang bahwa pergi di ...