Home / Brankas / Bulugul Maram : Hadits Ke 3 dan 4, Kelemahan Hadits Abu Umamah

Bulugul Maram : Hadits Ke 3 dan 4, Kelemahan Hadits Abu Umamah

hadits dhoifHadits Ketiga :

 ?????? ?????? ????????? ???????????? ?????? ????? ?????? ?????: ????? ???????? ????? ????? ???? ???????? ???????: ????? ?????? ??? ??????????? ?????? ?????? ??? ?????? ????? ???????? ?????????? ??????????. ?????????? ????? ??????? ??????????? ?????? ???????.

Dari Abu Umamah Al Bahiliy radliyallahu ‘anhu ia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Sesungguhnya air itu (suci) tidak ada sesuatu pun yang menajiskannya, kecuali apabila  telah berubah baunya atau rasanya atau warnanya.”

Diriwayatkan oleh Ibnu Majah dan telah di-dlaif-kan oleh Abu Hatim.

Penjelasan hadits ini mencakup :

Biografi Perawi Hadits

Abu Umamah adalah Abu Umamah Shuday bin ‘Ajlaan bin Gharib bin Wahb bin Riyaah Antwon Blake Youth Jersey bin al-Haarits bin Ma’an bin Maalik bin A’shar al-Baahiliy dari kabilah Baahilah dari Qais ‘Ielaan. Terkenal dengan kunyah (gelarannya) dan beliau tinggal menetap di Himsh, Syam. Beliau mengajarkan ilmu yang banyak. Di Javon Hargrave Youth Jersey antara guru beliau dalam meriwayatkan hadits adalah Umar, Mu’adz bin jabal, dan Abu Ubaidah ibnul Jaraah. Di antara murid beliau adalah Kholid bin Mi’daan, al-Qasim Abu Abdirrahman, Saalim bin Abil Ja’d, Syarahbil bin Muslim, Sulaiman bin Habib al-Maharibi, Muhammad bin Ziyaad al-Alhaani, Saliim bin ‘Amir dan Rajaa` bin Hayuwah. Beliau meninggal di sana pada tahun 81 H. Ada sebagian ulama yang menetapkan tahun wafat beliau pada tahun 86 H dimasa kehilafahan Abdilmalik bin Marwaan. Beliau adalah shahabat yang terakhir wafat di negeri Syam.

Takhrijul Hadits

Hadits ini diriwayatkan oleh: Ibnu Majah (no: 521), ad-Daraquthni (1/28), ath-Thabrani dalam Mu’jam al-Kabir (8/123) dan Al Baihaqi (1/259) dari jalan Risydin bin Sa’ad (ia berkata): Telah mengabarkan kepada kami Mu’awiyah bin Shalih, dari Raasyid bin Sa’ad dari Abi Umamah Al Baahiliy secara marfu’ seperti di atas.

Sanad hadits ini dla’if disebabkan dla’if-nya Risydin bin Sa’ad sebagaimana ditegaskan oleh Al Hafizh Ibnu Hajar di Taqrib-nya.­ Imam Ahmad dan Abu Zur’ah (lihat al-Jarh wa Ta’dil 3/513) telah menghukumi Risydin sebagai perawi dha’if (lemah). Sedangkan Abu Hatim berkata: Munkarul Hadits. An-Nasaa’i menyatakan: Matrukul Hadits. (lihat tahdzib at-Tahdzib 3/240).

Terdapat Damontre Moore Youth Jersey perbedaan dalam riwayat ini, hingga Imam ad-Daraquthni menyatakan: “Selain Risydin bin Sa’ad tidak ada yang memarfu’kannya dari Mu’awiyah bin Shalih dan Risydin perawi lemah (laisa bilqawwi). Yang benar adalah pernyataan Raasyid (haditsnya mursal)” (Sunan Darren Woodson Youth Jersey ad-Daraquthni 1/29). Al-Ahwash bin Hakim meriwayatkannya dari Rasyid bin Sa’ad dari Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam secara mursal. (Sunan ad-Daraquthni 1/29). Sedangkan Imam an-Nawawi menyatakan: Sepakat para ahli hadits menghukumi hadits ini lemah. (al-Majmu’ 1/110).

Oleh karena itu penulis (al-Haafizh ibnu Hajar) menyatakan: Abu Hatim melemahkannya. pernyataan Abu Hatim ini dinukilkan langsung oleh anaknya dalam kitab al-‘Ilal (1/44) dengan lafazh:

(???????: ????? ??????: ?????????? ?????????? ???? ??????? ????????: ???? ?????? ????????? ???? ?????????? L.P. Ladouceur Kids Jersey ?????? ????? ???????? ?????????? ??????????? ?????? ?????????? ????????????? ????????)

Bapakku berkata: Risydin bin Sa’ad memaushulkannya dengan menyatakan: dari Abu Umamah dari Nabi Shalallahu ‘alaihi wa sallam dan Risydin ini bukanlah perawi yang Reuben Foster Womens Jersey kuat (lemah) dan yang benar adalah mursal.

Hadits Keempat :

Kemudian Ibnu hajar menambahkan dengan hadits yang ke empat:

??????????????????: ???????? ??????? ?????? ???? Artie Burns Youth Jersey ????????? ????????? ???? ????????? ??? ???????? ??????????? ???????? ??????.

Dan dalam riwayat Baihaqi dengan lafazh: “Air itu suci kecuali bila telah berubah baunya, atau rasanya, atau warnanya dengan sebab kemasukan najis yang tercampur dengan air tersebut.”

Takhrijul Hadits

Tampaknya Ibnu Hajar menyampaikan hadits ini untuk menafsirkan kata penghubung (‘Athaf) yang ada dalam riwayat ibnu Majah di atas. Maksudnya adalah salah satu dari sifat-sifat tersebut, sehingga huruf wawu (?) bermakna huruf Au (??).

Hadits ini diriwayatkan oleh Baihaqiy (1/259-260) dari hadits Abi Umamah dari jalan lainnya. Ada dalam sanadnya perawi bernama ‘Athiyah bin Baqiyyah bin Walid (ia berkata): Telah menceritakan kepada kami bapakku (Baqiyah bin Walid), dari Tsaur bin Yazid, dari Raasyid bin Sa’ad, dari Abi Umamah seperti di atas.

Dalam Sanadnya ada ‘Athiyah bin Baqiyah yang meriwayatkan dari bapaknya. Ia sering salah dan membawakan hadits yang aneh. Demikian juga bapaknya yaitu Baqiyah bin Walid seorang rawi yang sering melakukan tadlis atas rawi-rawi yang lemah (Tadlis Kevin Greene Kids Jersey Taswiyah), dan di sanad ini ia telah melakukan tadlis-nya dengan mempergunakan lafazh ‘an’anah.  Oleh karena itu imam al-Baihaqi dalam sunan al-Kubra 1/259) menyatakan: Hadits ini tidak kuat.

Kesimpulannya:

Hadits Abu Umamah di atas telah di-dla’if-kan oleh para imam ahli hadits seperti Syafi’iy sebagaimana diterangkan Baihaqiy di kitab Sunan-nya (1/260), ad-Daraquthni dalam al-Ilal seperti dijelaskan dalam al-Badul Munir (2/82) dan Takhish al-Habir (1/15), al-Baihaqi dalam as-Sunan al-Kubro (1/260), an-Nawawi dalam al-Majmu’ (1/160) dan lain-lain. Bahkan Imam Nawawi menegaskan, “Telah sepakat ahli hadits melemahkannya.” (al-Majmu’ 1/160) dan beliau berkata dalam al-Khulashah (1/69), “Hadits ini awalnya shahih tapi pengecualiannya Troy Aikman Authentic Jersey yang lemah.”

Namun asal hadits ini shahih dan yang lemah adalah riwayat pengecualian di atas (yaitu karena baunya…dst sedangkan bagian pertama dari hadits telah sah dari hadits Abu Sa’id Al Khudriy no: 2).

Adapun tentang hukumnya para ulama telah ijma’ menetapkan bahwa air itu suci dan mensucikan kecuali karena berubah baunya atau rasanya atau warnanya, disebabkan kemasukan najis. Berkata Imam Ibnul Mundzir: “Telah ijma’ para ulama sesungguhnya air itu sedikit atau banyak apabila kemasukan najis lalu dengan Jonathan Cooper Jersey sebab najis tersebut berubah rasa atau warna atau baunya maka air itu menjadi najis. Maka ijma’lah yang menjadi dalil karena najis yang telah berubah salah satu sifatnya, bukan karena tambahan (di atas yang lemah riwayatnya).”(Lihat Subulus Salam 1/19).

 ***

Bagikan melalui link ini: http://klikuk.com/O4EHB

About admin

Kholid bin Syamhudi bin Saman bin Sahal Al-Bantani, menimba ilmu di Universitas Islam Madinah Tahun 1994 dan lulus Tahun 1999 dari Fakultas Hadits. Kini banyak meluangkan waktunya dalam da’wah sunnah dan menterjemahkan kitab-kitab berbahasa arab ke dalam Bahasa Indonesia serta berperan serta dalam beberapa lembaga da’wah yang ada di tanah air.

Check Also

ADZAN

Fatwa : Hukum Sholat dengan Pakaian Isbal

Hukum Sholat dengan Richard Rodgers Womens Jersey Pakaian Isbal Fadhilatus Syaikh Muhammad bin Sholih Al ...