Home / Brankas / Bisnis Multi Level Marketing

Bisnis Multi Level Marketing

mlm

Assalamu'alaikum, ustadz apa hukumnya bisnis MLM dan yang mirip dengannya? tolong dijelaskan dengan lengkap. Soalnya ada ikhwan yang mengajak ana untuk ikut bisnis yang mirip MLM, katanya sih Halal?
syukron jazakallohu khoiron.

Mu'adz

 

Ds. Sarwadadi Kec. Kawunganten Cilacap

Ustadz Kholid menjawab :


Untuk menjawab hal ini kami bawakan fatwa berikut:
FATWA MARKAZ AL IMAM AL ALBANI
LI AD DIRASAT AL MANHAJIYAH WA AL ABHATS AL ‘ILMIYAH
-Di Yordania-

[Fikih: Al Buyu’: Pengharaman Judi: Biznas]

Telah datang kepada kami sejumlah pertanyaan -dari berbagai pihak- seputar hukum ikut serta dalam perusahaan Biznas -dan yang semisalnya dari perusahaan-perusahaan berbasis sistem bisnis modern berjaringan piramida (Multi Level Marketing)- yang berdiri di atas praktek penjualan produk-produk tertentu dengan membayar sejumlah uang tertentu pada setiap tahunnya untuk kontinuitas keanggotaannya, kemudian perusahaan memberikan keuntungan yang terus berkembang kepada anggota yang berhasil menjual produk sekaligus merekrut para anggota baru?!


 


Jawabannya:
Ikut serta (dengan menjadi anggota) dalam perusahaan ini dengan tujuan mengedarkan (produk) -dengan keterikatan pembayaran uang secara terus-menerus; dan menunggunya dengan merekrut para anggota baru- dengan masuk ke dalam sistem bisnis berjaringan piramida ini adalah haram. Karena si anggota membayar sejumlah uang -secara pasti- dengan harapan mendapatkan gantinya yang lebih besar -namun dengan perkiraan dan prediksi-, sedangkan hal itu tidak terjadi kecuali jika ia bernasib baik/mujur. Dan hal ini berada di luar kapabilitas/kemungkinan dan kemampuannya.
Dan ini adalah murni judi, menurut kaidah para ulama besar.
Allah Maha Pemberi tawfiq.

 

Amman Al Balqaa’
26/Sya’ban/1424 H
Lajnah Fatwa

 

1. Muhammad bin Musa Alu Nashr. ttd
2. Salim bin ‘Ied Al Hilali. ttd
3. Ali bin Hasan Al Halabi. ttd
4. Masyhur bin Hasan Alu Salman. ttd

Saya sendiri sedang menulis artikel seputar MLM, semoga Allah memudahkan saya dalam menyelesaikannya.
Wasalam

 

Bagikan melalui link ini: http://klikuk.com/6GO6p

About admin

Kholid bin Syamhudi bin Saman bin Sahal Al-Bantani, menimba ilmu di Universitas Islam Madinah Tahun 1994 dan lulus Tahun 1999 dari Fakultas Hadits. Kini banyak meluangkan waktunya dalam da’wah sunnah dan menterjemahkan kitab-kitab berbahasa arab ke dalam Bahasa Indonesia serta berperan serta dalam beberapa lembaga da’wah yang ada di tanah air.

Check Also

lampu-pemimpin

Ringkasan Fikih Islam : Keutamaan Penguasa yang Adil dan Ancaman bagi Penguasa yang Zalim

Keutamaan Penguasa yang Adil dan Ancaman bagi Penguasa yang Zalim Firman Allah Subhanahu Wata’ala : ...